Oleh: yovita1305 | Maret 23, 2008

sAmURaI X bAG.2EnD

 

RUROUNI KENSHIN

Di tujuh tahun era meiji (1878), si pengembara pedang telah mengembara di tokyo. Dia membawa Sakabatou (pedang dengan mata pedang terbalik), dan dia memiliki tanda X di pipi kirinya. Dia hanya selalu sendiri dan sendiri.

Tidak tau bagaimana, seorang gadis yang bernama Kaoru Kamiya menuduh dan meng-klaim dia sebagai sang legendaris Hitokiri Battousai. Orang ini yang membunuh orang-orang yang ada dalam keluarga kaoru. Ketika dia menyelamatkannya dari kematian, gadis ini mengajak tinggal di Doujo ( tempat latihan beladiri )miliknya, karena alasan dia tidak memiliki tempat tinggal. Inilah awal kelanjutan cerita dari Kenshin Himura.

Sebelum restorasi Meiji, Kenshin Himura dikenal dengan nama Hitokiri (Pembunuh) Battousai. Di jaman itu dia adalah pembunuh terkenal untuk group Reformist yang bernama Ishin Shishi. Tidak tau kenapa, ketika pemerintahan yang lama jatuh, Hitokiri Battousai menghilang. Kenshin mengembara ke negara lain selama 11 tahun lamanya; dunia menyatakan bahwa dia telah hilang atau mati.

Ketika Kenshin bertemu Kaoru, dia tidak beridentitas Hitokiri Battousai lagi. Pedang dia bukan pedang biasa, tapi dengan mata pedang terbalik (Sakabatou), maksudnya dia tidak akan bisa membunuh orang lagi, tetapi di gunakan untuk mempertahankan dirinya. Kenshin adalah seseorang yang ingin mencoba melupakan masa lalunya, dan membuat masa depan baru sendiri. Dengan bantuan Kaoru dan beberapa orang yang ia temui, ia mendapatkan perubahan itu.

KAMIYA DOUJO
Kaoru Doujo membuka lagi sekolah beladiri. Setelah kedatangan Kenshin, kenshin dan Kaoru menolong seorang anak yang bernama Yahiko Myojin. Yahiko sedang terdesak oleh salah satu gang, kaoru hendak menolongnya tetapi mereka terlalu banyak. Kenshin langsung respon dan menyelamatkan mereka berdua. Ketika anak itu berkata kepada kenshin, bahwa dirinya ingin seperti kenshin, kenshin langsung menyambutnya bahwa dia tidak akan mengajari siapa pun bagaimana cara mumbunuh dan dia bertanya kepada Kaoru apakah dia mau mengajari anak itu, dan akhirnya Kaoru setuju untuk mengajari beladiri berpedang kepada anak itu.

Sanosuke orang pertama yang datang ke doujo itu. Sangat kuat, Sanosuke menggunakan pedang Zanba raksasa. Pedang ini di desain susah dalam penggunaannya, tetapi Sanosuke sangat mampu menggunakan pedang itu secara normal. Ketika sekelompok orang mabuk berat di sebuah restoran dan membuat onar, sanosuke langsung menantang mereka dan akhirnya sanosukepun menang. Setelah itu, Sanosuke menantang Kenshin, tetapi dia menolaknya. Sementara itu, salah satu dari pengunjung bar menyewa siapa saja yg bisa membunuh Kenshin. Setelah perkelahian terjadi, Kenshin menang. Selanjutnya mereka berdua menjadi teman dan tinggal di doujo.

Dan yang terakhir adalah megumi. Dia adalah seorang doctor muda, dia bekerja pada doctor lain yang menyuplai Opium kepada para penjahat. Ketika doctor itu mati, megumi yang mengambil alih, bagaimana cara membuat obat-obatan. Setelah kenshin menemukannya dia baru menjadi dokter klinik dan membantu di doujo itu.

LATAR BELAKANG CERITA
Rurouni Kenshin berlatar belakang pada era Meiji, pada waktu 1868. Itu adalah saat-saat perubahan baik untuk jepang. Politik dan Ekonomi sangat berperan penting dalam cerita kenshin ini.

ROBOHNYA PASUKAN SHOGUN ERA TOKUGAWA
Sebelum restorasi meiji, jepang memiliki pasukan shogun selama 200 tahun lebih. Setelah pertarungan dengan Sekigahara, pada tahun 1600-an, Tokugawa Ieyasu menyatukan jepang dan menyatakan dirinya sebagai Shogun, memerintah negara jepang.

Setelah periode Tokugawa (1600-1858), di jepang terbagi menjadi tiga kelas kedudukan, yaitu : Bangsawan, Samurai dan Petani. Bangsawan membuat peraturan, Samurai menjalankan peraturan itu, Petani mematuhi peraturan itu. Tidak tau mengapa, petani memproduksi makanan untuk makan ketiga kelas itu. Pajak datangnya dari beras, dan dari pajak itu di berikan ke daimyo (pemimpin daerah).

Setelah mulainya periode Tokugawa, munculah “kelas ke-empat” yaitu Pedagang. Para pedagang itu tertindas karena mereka tidak memberikan atau menghasilkan apa-apa.

Lalu ketika Laksamana Perry berlayar menuju teluk Tokyo dan di perintah oleh jepang untuk membuka jalur perdagangan, para petani jepang merasa tidak senang, mereka berhutang dan kelas samurai hampir lemah tak berdaya, dan pemerintah dapat menanggulangi bebannya sendiri. Pedagang salah satunya yang dapat memegang peranan penting dalam kekuasaan. Akhirnya, pemerintah pun mengetahui bahwa mereka tidak dapat menolah US.

RESTORASI MEIJI
Bagaimana pun, banyak perdebatan yg terjadi pada awal revolusi. Rakyat menilai pemerintahan sangat lemah, sejak mereka menerima keberadaan US. Banyak masyarakat takut bahwa hubungan pembaharuan dengan dunia luar akan mengakibatkan bencana. Pemberontak Ishin lahir dari kejadian ini, dan menginginkan jepang kembali seperti sebelumnya. Motto mereka “ SONNO JOI ” (“hormati kaisar dan usir kaum primitif”) dan inilah rencana yg akan mereka lakukan.

Tapi mereka hanya mendapatkan pada bagian awal saja. Pemberontakan Ishin ( dimana Kenshin dan Shishio adalah bagian dari Ishin) menyatakan legitimasinya kepada kaisar, dan mengembalikan tahta kepadanya. Setelah semua itu, imperialisme melanda seluruh asia termasuk indonesia, tapi jepang tidak ingin dijadikan koloni negara eropa. Sehingga mereka memutuskan ikut bersaing memperebutkan kekuasaan.

Kenshin tidak berperang untuk Ishin, tapi untuk dirinya sendiri, dia tidak ingin berperang terus, dan berperang hanya untuk melindungi dirinya dan orang yang dia sayangi. Kenshin tidak pernah menemukan kedamaian pada era Meiji.

Beda cerita dengan Saito. Sejak dia bertemu dengan shisengumi, dia mengikuti ajaran kepercayaan “San Zoku An” (ajaran sesat). Kepercayaan inilah yang membuat dia masuk pasukan keamanan Meiji. Munculah ide untuk menjatuhkan kenshin. Setelah berdirinya pemerintahan yang ter legistimasi, para pemimpin memutuskan bahwa Shishio telah mengetahui banyak; pengetahuan sangat berbahaya dan dapat menghancurkan pemerintahan meiji. Jadi mereka berencana ingin membakar Shishio.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: