Oleh: yovita1305 | Mei 3, 2008

d@ta cEnter,caLOn poLutan tErbesar??

Di New York, data center di dunia diprediksi akan menjadi penyebab terbesar makin meningkatnya polusi gas rumah kaca pada tahun 2020 nanti.

Prediksi ini merupakan hasil dari penelitian McKinsey&Co yang ditulis dalam blog jaringan New York Times. Dalam masa itu, kontribusi emisi karbon dioksida akan meningkat hingga 4 kali lipat seiring dengan meningkatnya konsumsi listrik untuk menghidupi data center yang berkembang secara signifikan.

Sekarang, efek gas rumah kaca yang berasal dari polusi data center belum terlalu kentara namun peningkatannya akan terlihat cukup signifikan pada beberapa tahun mendatang.

Contohnya. sebuah server komputer biasanya hanya memiliki kapasitas rata-rata sebesar 6 persen sedangkan data center secara keseluruhan, akan berkapasitas hingga 56 persen jika digunakan secara maksimal.

Dahulu penggunaan data centers dianggap lebih efisien namun tidak fleksibel. Kini, di era modern, penggunaan data center sudah berdasarkan teknologi yang distandarisasi oleh industri komputer personal. Namun dalam kenyataan, walaupun prosesnya cukup fleksibel tapi kurang terkendali.

McKinsey menyarankan kepada para pengguna data center, baik korporasi maupun pemerintahan, untuk menggalakkan efisiensi data center mereka hingga dua kali lipat pada tahun 2012. Program ini diberi nama Corporate Average Data Efficiency (CADE). Proses efisiensi ini sangat beragam, mulai dari penggunaan software virtualisasi hingga perangkat pengendali proses pendinginan yang terintegrasi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: