Oleh: yovita1305 | September 24, 2008

Tanggapan Terhadap Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata,,

Laskar Pelangi???

mmmm….apa ya?? Pasti kemungkinan besar sudah ada yang sering mendengarnya bukan?

Jujur ya.. awalnya saya pribadi tidak tahu apa sih Laskar Pelangi itu? Pertama kali saya mengetahuinya saat guru Bahasa Indonesia saya menyuruh kami (saya dan teman-teman saya ) membaca novel yang berjudul Laskar Pelangi.

Nah..bermula dari situ, saya baru tahu sebenarnya Laskar Pelangi itu adalah judul sebuah novel karangan Andrea Hirata. Jujur ya, setelah itu saya merasa sangat malas sekali membacanya.. ya maklum karena saya pribadi sangat tidak menyukai membaca, apalagi membaca sebuah novel.. yang saya suka adalah membaca komik.

Awalnya sih saya tidak mau membeli novel tersebut, karena saya pikir sangat sayang kalau harus membeli karena pasti setelah selesai membaca (sebenarnya awalnya terpaksa), novel itu pasti tidak akan berguna lagi bagi saya. Setelah saya membelinya, saya langsung benar-benar tambah malas membacanya, bisa dikatakan melihatnya saja saya sudah pusing karena novelnya lumayan tebal.. saya berpikir, kapan ya saya bisa menyelesaikan membacanya??

Setelah saya mencoba untuk membacanya, awalnya saya sangat tidak tertarik. Saya berpikir, novel apa sih ini?? Jujur, awalnya 2 minggu saya hanya membaca baru sampai halaman 15. Tapi, setelah jadwal sudah dekat (tugas dari guru saya), saya langsung harus mau tidak mau menyelesaikan membacanya. Hampir satu bulan saya membacanya, namun perkiraan saya ternyata salah besar. Setelah saya membacanya lebih lanjut, saya bisa mengetahui betapa besar perjuangan para anggota Laskar Pelangi untuk bersekolah. Saya sangat kagum dengan mereka semua, karena meskipun para anggota Laskar Pelangi termasuk anak-anak yang tidak mampu dalam ekonomi dan mereka hanya bisa bersekolah di sekolah yang sebenarnya tidak layak dikatakan sekolah karena sekolah itu seperti gubuk dan tidak layak untuk tempat belajar.

Saya selalu berpikir, bagaimana ya kalau saya yang seperti mereka?? pasti saya sangat malas untuk bersekolah, apalagi dikatakan di novel tersebut bahwa salah satu murid bernama Lintang adalah anak yang sangat bersemangat untuk sekolah meskipun perjalanan dari rumahnya menuju sekolah sangat jauh memcapai beberapa kilometer. Saya sangat kagum dengan perjuangannya karena ia tidak pernah sekalipun membolos bersekolah. Lintang juga salah satu murid terpandai di kelasnya, ia bisa dikatakan anak yang sangat jenius, ia mampu menguasai pelajaran yang rumit dan apalagi anak sekecilnya mampu menguasai pelajaran yang jauh diatas dugaan orang banyak. Murid lainnya yang bernama Mahar, ia juga murid yang mempunyai talenta yang luar biasa, namun ia berbeda dengan Lintang, ia mahir di bidang seni dan ia bisa dikatakan sangat berbakat di bidang tersebut.

Sepertinya kalau saya mau menceritakan semuanya pasti tidak akan cukup dituliskan disini, karena bisa-bisa tangan saya capek..hehe..Saya langsung ke pokoknya saja, intinya saya tidak pernah menyesal pernah membaca novel ini, saya sangat berterima kasih kepada Ibu Yuti karena sudah memberi tugas untuk membaca novel Laskar Pelangi.

Setelah membaca novel ini, saya bisa lebih bersyukur kepada Tuhan karena diciptakan seperti ini, meskipun saya memilki banyak kekurangan, namun saya juga berpikir nobody perfect ( tidak ada satupun orang yang sempurna ). Saya juga bisa mengambil hikmah dari cerita novel tersebut, saya lebih bersemangat untuk belajar agar dapat mencapai cita-cita setinggi-tingginya. Kita seharusnya bisa lebih menghargai hidup, selalu bersyukur dengan segala pemberian Tuhan kepada kita, jangan sekalipun kita pantang menyerah dan selalu ingat kunci kesuksesan adalah pengorbanan dan pantang menyerah dengan kata lain, jika kita ingin sukses kita harus berjuang dan selalu bersemangat dalam menjalani kehidupan dan jangan lupa selalu mengucap syukur.

Saya rasa sudah cukup sekian tanggapan saya terhadap novel Laskar Pelangi, saya hanya ingin mengatakan kepada semua orang yang belum membaca novel ini, harus membacanya karena novel ini bisa membangkitkan semangat dan bisa membuat kita bersyukur dengan keaadaan kita yang seperti ini.

Terimakasih…


Responses

  1. Saya bersyukur kalau Vita banyak menemukan pelajaran dari novel tersebut. Mudah2am bukan hanya sesaat tapi bisa kau terapkan dalam hidupmu selanjutnya.
    Tanggapan yang dibuat sudah bagus , bahasa cukup baik, kohesi dan kohernsi sudah terlihat baik pula tingkatkan dan kembangkan.
    sukses untuk Vita

  2. Terima kasih ya bu.. sudah memberi comment ke saya..
    Ya saya berjanji bisa lebih baik lagi dari sekarang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: